Sumber : http://m-wali.blogspot.com/2011/12/membuat-teks-berjalan-di-menu-bar.html#ixzz1gm44gTrc Tumbuhan Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) ~ WTOSCHA_90

Jumat, 27 September 2013

Tumbuhan Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC)

Andaliman merupakan famili Rutaceae, adalah tanaman yang khas dijumpai di Sumatera Utara, Indonesia. Buahnya umum digunakan sebagai bumbu masakan tradisional suku Batak. Saat ini andaliman diperhitungkan menjadi sumber senyawa aromatik dan minyak esensial. Buahnya mengandung senyawa aromatik dengan rasa pedas dan getir yang khas. Jika dimakan meninggalkan efek menggetarkan alat pengecap dan menyebabkan lidah terasa kebas.
        Secara umum andaliman belum dikenal masyarakat Indonesia. Walau telah diperdagangkan diluar daerah asalnya, namun masih hanya dikenal dan dipergunakan oleh kalangan terbatas. Padahal melihat keunikan sensorik yang dimiliki dan mungkin juga aktivitas fisiologi aktifnya, bukan mustahil rempah ini dapat menjadi salah satu rempah yang berpotensi merebut pasar ekspor. Untuk itu perlu ditunjang dengan informasi hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan, disamping teknologi penanganan yang tepat sehingga diperoleh terobosan – terobosan produk yang mempunyai nilai ekonomi lebih (Wijaya, 1999).

Deskripsi Tanaman
Andaliman adalah tumbuh liar di pegunungan dengan ketinggian 1400 m dpl pada temperatur 15-180oC. Asal tumbuhan ini dari daerah Himalaya Subtropis. Di dunia, tumbuhan ini tersebar antara lain di India Utara, Nepal, Pakistan Timur, Myanmar, Thailand dan Cina. Di Cina, tumbuhan ini tumbuh pada ketinggian 2900 m dpl. Penelusuran taksonomi tanaman ini dengan nama Andaliman sering tertukar dengan tanaman dari famili piperaceae. Beberapa publikasi mengklasifikasikan Andaliman sebagai Piper ribesioides. Menurut penelusuran klasifikasi yang dilakukan oleh Wijaya et.al (1999) dengan menggunakan spesimen batang, daun dan buah diketahui bahwa Andaliman ini termasuk dalam famili rutaceae seperti halnya tumbuhan yang dikenal sebagai ”sansho” (japanese pepper). (Wijaya, 1999).
           Klasifikasi Andaliman hasil identifikasi tumbuhan Andaliman di laboratorium Herbarium Medanense  (MEDA) Universitas Sumatera Utara adalah sebagai berikut :
Kingdom         : Plantae
Divisi               : Spermatophyta
            Kelas               : Dicotyledoneae
            Ordo                : Rutales
            Famili              : Rutaceae
            Genus              : Zanthoxylum
            Spesies            : Zanthoxylum acanthopodium DC.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost